Cara Mengetahui Hardisk ( Hard drive) PC / Laptop Akan Rusak

How To Know Hard Drive Notebook PC / Laptop Will Damage. Kali ini saya akan membahas Cara Mengetahui Hardisk Komputer/ Laptop Akan Rusak. Pasti anda pernah mengalami ketika Hardisk komputer anda tiba tiba crash, mungkin anda akan kesal karena banyak file penting yang terdapat di hardisk tersebut. 


Nah Kali ini saya akan membahas Tanda tanda dan langkah langkah yang di ambil ketika Hardisk Komputer / Laptop anda sekarat.
Lihat Juga : Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Komputer / Laptop

Apakah Hardisk ( Hard Drive ) saya akan rusak ? 


Sebelum kita melihat cara untuk melihat masalah dengan hard drive Anda hal pertama yang perlu Anda lakukan . Jika Anda sudah memiliki rutinitas pada hard drive tersebut  cadangkan segera bisa. Hal ini dapat berjalan ketika saat  Anda membaca  artikel ini.

Tanda Tanda Dari Hardisk ( Hard Drive ) Crash


Ini hampir mustahil untuk memprediksi kapan tepatnya disk akan crash, namun ada beberapa tanda tanda yang dapat kita lihat ketika akan rusak.

Kinerja berkurang

Jika anda melihat kinerja hardisk lamban , seperti meluncurkan program, mencari file, dan menyimpan dokumen mungki itu adalah tanda tanda Hardisk anda akan rusak, tetapi hal ini juga dapat di sebabkan faktor faktor lain seperti virus pada Hardisk itu.

Suara-Suara Aneh

Bila Anda sudah memiliki komputer sudah lama  pasti anada mengenali suara suara yang di timbulkan oleh komputer anda. Dan ketika kita melakukan seperti mengklik atau  bahkan 'bip' . Jika Anda mendengar suara-suara ini ketika menggunakan mesin maka ada seseuatu yang salah dengan hardisk anda, mungkin itulah tanda tanda akan rusak nya hardisk anda dan segera cadangkan file file berharga anda. Apabila terus di gunakan akan mempercepat kerusakan pada hardisk tersebut.

File Corrupt

Ketika anda melihat peningkatan jumlah file rusak atau 'Blue Screen / Layar menjadi Biru'.itu adalah tanda tanda hardisk anad akan rusak.


"Apakah hard drive saya akan rusak ? "

Cara Mengatasi Agar Hardisk tidak cepat rusak menggunakan fitur Check Disk pada Windows

Windows telah lama memiliki fitur analisis disk yang built-in yang disebut Check Disk (atau chkdsk). Ini adalah untuk mencari kesalahan, corrupt, dan sektor buruk pada drive yang dapat menyebabkan masalah. ICheck disk ni tidak akan memberitahu Anda bahwa disk perlu diganti, tetapi jika Anda menjalankannya secara teratur maka Anda akan melihat apakah jumlah kesalahan meningkat. Hal ini juga hanya alat yang berguna untuk menjaga drive Anda dalam keadaan sehat.

Untuk menjalankan Check Disk Anda perlu membuka File Explorer >> PC >> Klik kanan teru pilih Propertis >> Pilih Tools >> Pilih Check. 


Klik Check opsi dan Windows akan memeriksa drive. Ini mungkin memakan waktu lama, jadi pastikan untuk menjalankan ini ketika Anda tidak perlu menggunakan komputer.


Periksa hard drive Anda dengan perangkat lunak diagnostik gratis


Salah satu yang terbaik pilihan pihak ketiga gratis untuk memantau drive Anda DiskCheckup oleh perangkat lunak Passmark . Ini memanfaatkan fitur SMART yang hadir pada kebanyakan disk drive dan memungkinkan untuk mendeteksi ketika masalah mungkin timbul. SMART (Self-Monitoring Analisis dan Pelaporan Teknologi) melihat berbagai atribut pada disk untuk melihat apakah kinerja merendahkan, dan program-program seperti DiskCheckup membiarkan pengguna melihat laporan berdasarkan informasi tersebut.


Ini bukan menangkap semua, karena SMART tidak bisa mengatakan apakah disk sedang sekarat atau hanya secara alami memburuk, tetapi tidak memberikan pengguna komprehensif melihat keadaan saat drive dan menyarankan ketika harus diganti.

DiskCheckup kompatibel dengan Windows 7, 8 dan 10, ditambah versi penggunaan pribadi adalah gratis.

Ini juga diperhatikan bahwa banyak produsen hard disk memiliki perangkat lunak diagnostik mereka sendiri tersedia secara gratis di situs Web mereka. Jika Anda tahu apa yang membuat drive Anda kemudian men-download program masing-masing akan menjadi langkah yang masuk akal.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengetahui Hardisk ( Hard drive) PC / Laptop Akan Rusak"

Posting Komentar