Apa Itu Gitar?

Gitar adalah sebuah alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik, umumnya mengunakan jari maupun plektrum. gitar secara tradisional dibuat dari berbagai jenis kayu dengan senar yang terbuat dari nilon maupun baja. Gitar modern dibuat dari material polikarbonat.



Secara umum, gitar terbagi dua yaitu gitar akustik dan elektrik:
1. Gitar Akustik
Gitar ini memiliki bagian badan yang berlubang (hollow body) dan dapat menghasilkan suara yang cukup keras tanpa harus penguatan elektrik, gitar ini telah digunakan selama ribuan tahun.Terdapat tiga jenis utama gitar akustik modern :
  • Gitar senar-nilon, termasuk gitar klasik dan gitar flamenco
  • Gitar senar-baja, termasuk gitar puncak-datar dan gitar folk 
  • Gitar archtop
  • Gitar dua belas- senar
Pengelompokan gitar akustik juga memasukkan gitar akustik yang memiliki tingkatan jangkauan nada yang berbeda, seperti gitar bass akustik yang memiliki setem yang sama dengan gitar bass elektrik.
2.Gitar Elektrik

Gitar elektrik adalah gitar yang dirancang agar bunyi yang dihasilkan dapat diperkuat secara elektrik dan jika dimainkan tanpa penguatan tersebut akan menghasilkan suara yang relatif lemah. Gitar ini diperkenalkan pada tahun 1930an. pada permulaan penggunannya gitar ini menggunakan badan berlubang (hollow body) , namun kemudian diubah menggunakan badan padat (solid body) karena dirasa lebih sesuai. Gitar elektrik terkenal luas sebagai instrumen utama pada berbagai genre musik seperti blues, country, raggae, jazz, metal, rock, dan berbagai bentuk musik pop. Beberapa model gitar elektrik menggunakan pikup piezoelektrik, yang berfungsi sebagai transduser untuk menghasilkan suara yang relatif mirip dengan gitar akustik. Terdapat pula gitar yang mengkombinasikan pickupmagnetik dan picup piezoelektrik yang bernama hybrid guitars

KONSTRUKSI GITAR
Tubuh gitar terdiri dari tiga bagian yaitu kepala, leher, dan badan. Di bagian kepala terdapat mesin penala dawai. Dawai gitar yang berjumlah 6 utas masing masing di ikatkan pada enam buah pasak yang merupakan bagian dari mesin penala. Bagian leher terletak di antara kepala dan badan gitar,
fungsinya untuk memproduksi tingkat ketinggian nada yang berbeda dengan jalan menempatkan jari-jari pada ruang-ruang di antara logam-logam fret. Badan gitar berfungsi sebagai tabung resonator untuk memperbesar bunyiyang dihasilkan oleh getaran dawai.
AKSESORIS GITAR
  • Strap Gitar :digunakan untuk menggantung gitar melalui bahu
  • Plektrum atau Pick : digunakan untuk membunikan dan memetik senar
Source : http://randomeu.blogspot.co.id/2013/11/gitar_23.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Itu Gitar?"

Posting Komentar