Contoh Cara Membuat Catatan Kaki Lengkap Dan Benar

Cara Membuat Catatan KakiContoh Cara Membuat Catatan Kaki Lengkap Dan Benar - Kali ini saya akan share yang tidak asing lagi bagi dunia intelektual yaitu yang dikenal dengan catatan kaki. Footnote (catatan kaki) adalah catatan di kaki halaman untuk menyatakan sumber suatu kutipan, pendapat, pernyataan, atau ikhtisar.

Menulis Footnote atau catatan kaki jika tidak diperhatikan secara cermat biasanya banyak yang sama dengan daftar pustaka, silahkan anda bisa lihat Contoh Daftar Pustaka Makalah Dan Skripsi untuk membedakannya.

Kali ini saya akan berikan contoh lengkap penulisan catatan kaki, Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penulisan footnote dengan baik dan benar adalah sebagai berikut:

 Contoh Cara Membuat Catatan Kaki Lengkap Dan Benar


1.  Cara Membuat Footnote (Catatan kaki) dari Buku
      - Satu Pengarang
        1Zain Elhasany, Mengenal Media Massa, Bursa Media, Jepara,  2014, hlm. 50.

      - Dua Pengarang
      2Zain Elhasany dan Mustagfirin, Jurus Jitu Menghasilkan Uang Dari Internet, Bursa Media, Jepara, 2013, hlm. 10.

2.  Contoh Footnote (Catatan kaki) dari Internet

3Zain Elhasany, “Contoh Daftar Pustaka Makalah Dan Skripsi”, Artikel Ilmiah Lengkap , diakses dari http://artikelilmiahlengkap.blogspot.com/2012/11/contoh-daftar-pustaka-makalah-dan.html, pada tanggal 07 Juni 2014 pukul 20.14

3.  Cara Membuat Footnote (Catatan kaki) dari Majalah
4Zain Elhasany, ’’Nikah Siri di Meja Hukum’’ Shima, 24 Desember 2014, hlm. 24.

4.  Footnote (Catatan kaki) dari Surat Kabar

5Kompas, 24 Desember 2013, hlm. 20.


Penting !!!

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penulisan footnote adalah sebagai berikut.
  1. Nomor footnote agak diangkat sedikit di atas baris biasa, tetapi tidak sampai setinggi satu spasi. Nomor itu jauhnya tujuh huruf dari margin atau tepi teks, atau sama dengan permulaan alinea baru. Jika catatan kaki terdiri lebih dari dua baris, baris kedua dan selanjutnya dimulai di garis margin atau tepi teks biasa.
  2. Nama pengarang ditulis menurut urutan nama aslinya. Pangkat atau gelar seperti Prof., Dr., Ir., dan sebagainya tidak perlu dicantumkan.
  3. Judul buku digaris bawah jika diketik dengan mesin ketik atau dicetak miring jika diketik dengan komputer.
  4. Jika buku, majalah, atau surat kabar ditulis oleh dua atau tiga orang, nama pengarang dicantumkan semua.
  5. Jika sumbernya berasal dari internet: Nama depan dan belakang penulis, “Judul dokumen,” nama website, alamat web komplit, tanggal dokumen tersebut di download.
  6. Pengarang yang lebih dari tiga orang, ditulis hanya nama pengarang pertama, lalu di belakangnya ditulis et al., atau dkk.

 Dalam menuliskan footnote, adakalanya digunakan singkatan-singkatan tertentu untuk memudahkan agar tidak menulis ulang karena satu buku, yaitu sebagai berikut :
  1. ibid, kependekan dari ibidem yang berarti ‘di tempat yang sama dan belum diselingi dengan kutipan lain’.
  2. op.cit., singkatan dari opere citato, artinya ’dalam karangan yang telah disebut dan diselingi dengan sumber lain’.
  3. loc.cit, kependekan dari loco citato, artinya ‘di tempat yang telah disebut’. loc. Cit digunakan jika kita menunjuk ke halaman yang sama dari suatu sumber yang telah disebut. 
Sekian share kali ini tentang Contoh Cara Membuat Catatan Kaki Lengkap Dan Benar semoga dapat bermanfaat dan silahkan anda tinggalkan komentar jika ada kesulitan dalam penulisan footnote atau catatan kaki. Jika ada kekurangan saya mohon maat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Cara Membuat Catatan Kaki Lengkap Dan Benar"

Posting Komentar