Makalah Senam Hamil






BAB I

PENDAHULUAN





1.1    Latar Belakang



Selama kehamilan, ibu mengalami perubahan fisik dan kejiwaan/emosi ibu hamil. Pada masa kehamilan, emosi mudah turun dan naik, yang terjadi akibat perubahan hormon. Adapun kecemasan menjelang pesalinan ibu hamil akan muncul pernyataan dan bayangan apakah dapat melahirkan normal, cara mengejan, apakah akan terjadi sesuatu saat melahirkan, atau apakah bayi lahir selamat, akan semakin muncul dalam benak ibu (Muhimah dan Safi’i, 2010), kondisi ini dapat menyebabkan kecemasan dan ketegangan lebih lanjut sehingga membentuk suatu siklus umpan balik yang dapat meningkatkan intensitas emosional secara keseluruhan. Untuk memutuskan siklus kecemasan tersebut, maka senam hamil sebagai salah satu pelayanan prenatal, merupakan suatu alternatif terapi yang dapat diberikan pada ibu hamil (Muhimah dan Safi’i, 2010).



Senam merupakan olahraga terbaik yang dapat dilakukan oleh ibu hamil menjelang persalinannya. Salah satu jenis senam yang ditujukan bagi ibu hamil adalah senam hamil (Muhimah dan Safi’i, 2010). Senam hamil adalah terapi latihan gerak untuk mempersiapkan ibu hamil, secara fisik atau mental, pada persalinan cepat, aman, dan spontan (Arief, 2008).





1.2    Rumusan Masalah



Dalam penulisan makalah ini terdapat beberapa rumusan masalah diantaranya:



1.2.1    pengertian senam hamil?

1.2.2    tujuan / manfaat senam hamil?

1.2.3    bagaimana penatalaksanaan senam hamil?





1.3    Tujuan Penulisan



Adapun tujuan penulisan makalah ini yaitu:



1.3.1    ingin mengetahui senam hamil

1.3.2    ingin mengetahui tujuan / manfaat senam hamil

1.3.3    ingin menetahui penatalaksanaan senam hamil





1.4    Metode Penulisan



Metode yang digunakan dalam penulisan makalah ini menggunakan metode literature yaitu mengambil sumber dari buku dan internet.









1.5    Sistematika Penulisan



Adapun sistematika penulisan makalah ini yaitu:



BAB I PENDAHULUAN yang terdiri dari : Latar Belakang, Rumusan Masalah, Tujuan Penulisan, Metode penulisan dan Sistematika Penulisan.



BAB II PEMBAHASAN yang terdiri dari : Pengertian Senam Hamil, Tujuan / Manfaat Senam Hamil dan Penatalaksanaan Senam Hamil.



BAB III PENUTUP yang terdiri dari: Kesimpulan dan Saran.









NEXT BAB II PEMBAHASAN











Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah Senam Hamil"

Posting Komentar