Cara membaca efektif

Kali ini Susuw Crots akan membagikan cara membaca efektif dan efisien dan hal ini bertujuan agar  ilmu dari yang sudah kita baca dari buku ,tidak berlalu begitu saja , hal ini bisa sangat merugikan sekali bagi sahabat yang umumnya membaca yang bertujuan untuk belajar , oke berikut ha-hal yang harus dilakukan agar waktu membaca hasilnya maksimal :
1.       Munculkan suasana  yang positif
Suasana disini sangat penting untuk masuk tidaknya ilmu yang ada di buku atau bacaan tersebut , jika sahabat kondisi hatinya dan juga pikiran masih kacau atau banyak pikiran bisa dipastikan membacapun tidak bisa efektif ini di karenakan pikiran dan hati sahabat masih dalam keadaan tidak tenang  ,pikiran tidak akan bisa menerima bacaan secara maksimal dikarenakan pikiran kita terbagi dengan masalah dan juga bacaan.
2.       Pilih waktu yang bagus
Waktu disini yaitu waktu dimana menurut sahabat bisa tenang dan dalam keadaan yang rilek, kalau kebanyakan orang sih pada waktu pagi hari . ini akan mempermudah otak kita menerima hal-hal yang baru dan bisa menerima secara maksimal tetapi ini tergantung anda.
3.       Tempat yang Ideal
Tempat ini bertujuan agar di kesempatan sahabat membaca tidak ada ganguan ketidak nyamanan ataupun ketidaksukaan ,jika sahabat lebih konsentrasi di tempat yang sunyi seperti perpustakaan ataupun di kamar maka sahabat juga harus memilih tempat yang sunyi untuk membaca , ataupun jika sahabat juga lebih suka tempat yang bersih maka sahabat juga harus sesuaikan ,ini bertujuan agar konsentrasi sahabat tidak pecah waktu membaca dikarenakan hal –hal yang tidak diinginkan atau tidak di suka.
4.       Baca secara detail
Jika No.1,2,3 sudah bisa sahabat penuhi , sekarang tinggal bagaimana memaksimalkan setiap bacaan yang sahabat baca, yaitu dengan membaca secara detail , dan jangan malas juga sahabat membaca bagian sampul belakang dan pengantar  , ini akan memberikan gambaran bagi pembaca maksud dari buku tersebut sehingga sahabat bisa lebih memahami maksud dari buku tersebut dan jika sahabat sudah membaca usahakan perhatikan secara menyeluruh setiap bacaan jika ada yang tidak diketahui tanyakanlah , jangan sampai anda tidak menghiraukan bacaan yang tidak dimengerti.
5.       Garis Bawahi hal yang sangat penting
Garis bawahi disini bukan berarti anda membaca hal yang penting saja atau point-point saja hal ini malah akan membuat pikiran sahabat hanya menebak menebak saja maksud dari bacaan buku tersebut , kecuali jika sahabat membaca koran atau majalah, sahabat hanya perlu membaca point pointnya saja atau bahkan jika waktu tidak memadai baca bagian judul topiknya saja. Garis bawahi disini maksudnya garis bawahi hal hal yang penting , agar dilain waktu jika sahabat membutuhkan informasi secara rinci  sahabat tinggal membaca bagian penting, dan sahabat sudah tau maksudnya.

6.       Berdoa Sebelum dan sesudah membaca
Berdoalah kepada Allah SWT,  agar sahabat lebih di jernihkan pikiranya dan cepat menangkap setiap isi bacaan agar mendapat manfaat yang lebih dari bacaan tersebut amin.


Demikianlah “cara membaca  efektif dan efisien” yang semoga bermanfaat bagi sahabat dan bisa di terapkan di lain waktu saat sahabat membaca J

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara membaca efektif"

Posting Komentar